Senin, 14 Januari 2013

METATAH MASAL DI PURA AMERTA SARI TLOGO SARI SEMARANG

Dalam rangka odalan di Pura Amerta Sari Tlogosari Semarang dilaksanakan juga upacara metatah (mesangih ) masal yang diikuti oleh 28 remaja yang terdiri dari mereka yang berasal dari Bali maupun yang berasal dari Jawa, namun juga diikuti oleh dua orang bapak bapak dari desa Mijen Semarang.
Pelaksanaan metatah ini diprakarsai oleh warga dan Parisada Semarang Timur dan mendapat dukungan penuh dari Parisada Kota Semarang dan segenap warga Hindu yang ada di kota Semarang.
Pelaksanaan metatah dipimpin oleh Ida Pedanda Ratu Gayatri dari Boyolali, sementara sangging / tukang potong gigi mendapat bantuan  dua (2) sangging dari Dirjen Hindu Kementrian Agama Jakarta, sehari sebelum hari H (Kuningan / odalan) dilaksanakan Raja Sewala.
Acara potong gigi berlangsung kidmat dan lancar, dimana dalam pelaksanaannya dihadiri juga oleh warga Hindu asal; Singorojo, Kendal. mereka sangat antusias mengikuti serta menyaksikan upacara potong gigi ini, mungkin bagi mereka hal ini merupakan pertama kali menyaksikan secara langsung upacara seperti ini, dan banyak dari mereka meminta agar nanti bisa diselenggarakan lagi sehingga mereka bisa ikut dalam upacara potong gigi seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar